Inilah 14 Tempat Wisata di Jawa Tengah Paling Terkenal

6. Kampung Batik Laweyan di Solo

Inilah salah satu sentra batik di kota Solo. Dahulu kala, Kiai Ageng Henis (kakek Panembahan Senopati) adalah orang yang mengajari penduduk setempat bagaimana cara membatik. Konon menurut kisah, usia Kampung Laweyan jauh lebih tua daripada Keraton Kasunanan di mana daerah Laweyan di Solo ini sudah eksis dengan batiknya sejak Kerajaan Pajang berkuasa di Jawa Tengah pada pertengahan abad ke-16.

Kampung Batik Laweyan di Solo

Di Kampung Batik Laweyan, Anda akan mendapati kesan arsitektural Eropa di kampung Laweyan ini. Banyak rumah-rumah di Laweyan dibangun dengan sentuhan arsitektur Eropa yang megah dan kokoh. Dulu, rumah-rumah itu adalah kediaman para saudagar batik. Tetapi kini, kampung yang berdiri di atas lahan seluas 24 hektar tersebut terbagi ke dalam tiga blok besar.

Anda dapat puas berkeliling dari satu toko ke toko lainnya untuk mencari batik yang paling Anda sukai di tempat ini. Sungguh, Indonesia terkenal akan kerajinan batiknya, seperti yang dapat ditemukan di Jogja, Solo, Cirebon, Papua, dan masih banyak lagi dari berbagai daerah di Nusantara.

Alamat: Jl. Doktor Radjiman No. 521, Solo, Jawa Tengah
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.570956,110.80346

Baca juga: Inilah 10 Tempat Wisata Solo Paling Impresif

7. Taman Nasional Karimunjawa di Jepara

Berjarak sekitar 83 km di arah barat laut Jepara, Karimunjawa adalah sebuah cagar alam laut yang dilindungi dan kini disebut sebagai Taman Nasional Karimunjawa. Karimunjawa adalah sebuah destinasi wisata yang populer di Indonesia, adalah pula salah satu tempat wisata di Jepara yang sangat terkenal. Pengalaman wisata laut di Jawa Tengah paling menakjubkan dapat Anda temukan di Karimunjawa.

Taman Nasional Karimunjawa

Sebagai salah satu tempat wisata Jawa Tengah yang terkenal, Karimunjawa selalu ramai dengan kunjungan wisatawan. Karakteristik seluruh pantainya memiliki hamparan pasir putih dengan garis pantai yang panjang. Oleh karenanya, berjemur di tepian pantai adalah salah satu kegiatan yang disukai banyak wisatawan di tempat ini.

Selain itu, olahraga air seperti menyelam, snorkeling, memancing, berenang, atau menjelajahi laut yang jernih adalah pilihan menarik lainnya di Karimunjawa. Keunikan budaya dan tradisi penduduk lokal di sana adalah objek interaksi sosial yang menarik selama kunjungan wisata Anda.

Alamat: Jepara, Jawa Tengah
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -5.848912,110.439621

Baca juga: Inilah Pesona 8 Tempat Wisata di Jepara Paling Menarik

8. Candi Borobudur di Magelang

Inilah situs yang sangat unik dengan keindahan panorama yang menawan, struktur bangunan yang mengagumkan, serta nilai seni yang tinggi. Tempat wisata di Jawa Tengah ini adalah salah satu landmark Magelang paling populer di dunia, telah dinyatakan sebagai World Heritage Sites oleh UNESCO, dan menjadi destinasi wisata di Indonesia yang terkenal. Destinasi wisata ini begitu mudah dijangkau, baik dengan kendaraan kecil maupun besar.

Candi Borobudur

Terdapat 1460 relief dan 504 stupa Budha di kompleks Candi Borobudur ini. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Candi Borobudur sebesar Rp 30 ribu per orang (dewasa), anak-anak sebesar Rp 12.500 per orang. Untuk tiket masuk turis mancanegara adalah sebesar USD 20 (dewasa) dan USD 10 (anak-anak).

Alamat: Magelang, Jawa Tengah | Telp. (0274) 496402
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.607874,110.203751

9. Ketep Pass di Magelang

Di tempat inilah Anda dapat menikmati pemandangan gunung dan bukit yang begitu indahnya dan tak kalah pula hamparan pertaniannya yang menarik. Dari Ketep Pass, Anda dapat secara langsung menyaksikan luncuran awan panas gunung Merapi. Ketep Pass memiliki sejumlah fasilitas wisata yang menarik, di antaranya Museum Vulkanologi, Bioskop Mini, Teropong, Gardu Pandang, dan Pelataran Panca Arga.

Ketep Pass di Magelang

Spot paling populer di tempat wisata Jawa Tengah yang satu ini adalah Gardu Pandang. Ada 2 buah teropong di Ketep Pass, yakni di Gardu Pandang dan Pelataran Panca Arga. Tahukah Anda, dari Pelataran Panca Arga Anda bahkan dapat menyaksikan lima gunung sekaligus, yakni Merapi, Merbabu, Sindoro, Slamet, dan Sumbing.

Di Magelang, Ketep Pass dikenal banyak wisatawan sebagai salah satu destinasi yang favorit untuk dikunjungi. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Ketep Pass di Magelang ini sebesar Rp 7.500 per orang.

Alamat: Jl. Blabak Boyolali Km. 16, Kec. Sawangan, Magelang, Jawa Tengah
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.494507,110.381716

10. Rafting di Sungai Progo Atas Magelang

Inilah tempat berarung jeram yang populer di Jawa Tengah. Dengan aliran sungai sepanjang 12 kilometer, kegiatan rafting di Sungai Progo Atas akan memakan durasi waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam.

Rafting di Sungai Progo Atas

Tahukah Anda, Arung jeram sungai Progo terdiri dari sejumlah rute, yakni arung jeram sungai Progo Hulu, arung jeram sungai Progo Atas, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Sungai Progo Hulu dan sungai Progo Atas berada di wilayah Magelang, sementara Sungai Progo Bawah berada di kabupaten Kulon Progo, Jogjakarta.

Alamat: Perumahan Griya Tok Songo , Magelang, Jawa Tengah
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.4596362,110.2083965

Baca juga: Ini 6 Tempat Wisata di Magelang Paling Favorit

Loading...

Review: Tempat Wisata di Jawa Tengah

0
Pesona Wisata
0
Akses Akomodasi
0
Akses Transportasi
Pembaca >> 0 votes 0
Ulasan Wisatawan 0

Pengalaman langsung Anda sangat membantu wisatawan lainnya.

Tulis ulasan

8 Komentar

  • borobudur mank mantaappp. dekat sm rumah ortu jd wktu liburan kemarin sering kesana krna dkt rmh

  • saya udah ke ketep pass, tempatnya bagus dan dingiiinnnnn….. cm sayangnya waktu itu berkabut jadi lereng merapi ga begitu jelas

  • Jangan lupa untuk mencoba paket wisata Jenderal Soedirman, yaitu dengan mengunjungi Monumen Tempat Lahir Jenderal Soedirman, kemudian menuju Jembatan Pelangi dan berikutnya melihat Pohon Jamur Raksasa. Semuanya ada di Desa Bantarbarang Kec. Rembang Kab. Purbalingga Jateng.

  • Taman Kyai Langgeng juga salah satu obyek wisata menarik yang berdekatan dengan Candi Borobudur, Ketep Pass, dan Arung Jeram Sungai Progo. Selain hutan buatan di tengah perkotaan serta taman yang asri terdapat berbagai wahana untuk tempat rekreasi dan edukasi bagi para pengunjung.