Inilah 14 Tempat Wisata di Jawa Timur Paling Memikat

6. Gua Gong di Pacitan

Goa Gong terletak di Desa Bomo, sebuah gua yang indah dan cukup dalam diantara gugusan gua-gua yang berada di di sekitarnya. Goa ini adalah salah satu yang terkenal dari sejumlah tempat wisata di Pacitan. Selain keindahan bentuk stalaktit dan stalagmitnya, keunikan Gua Gong juga adalah karena stalaktit dan stalakmit tertentu dapat berbunyi seperti gong ketika dipukul.

Baca juga: Goa Gong Pacitan, Pesona Goa Terindah di Asia Tenggara

Gua Gong

Dari sinilah gua ini mendapatkan namanya. Konon, dulu gua ini dianggap angker karena sering terdengar suara gamelan, termasuk bunyi suara gong dari dalam gua. Gua Gong merupakan gua horizontal, artinya bahwa untuk menelusurinya tidak memerlukan peralatan dan keahlian khusus.

Fasilitas yang dibangun memberi kemudahan akses bagi pengunjung untuk mengeksplorasi tempat wisata di Jawa Timur yang satu ini. Gua Gong hanya memiliki satu akses pintu masuk sekaligus pintu keluar. Inilah alasan Goa Gong dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata keluarga yang menarik di Pacitan.

Baca juga: Inilah 7 Tempat Wisata di Pacitan Paling Menarik

7. Pulau Sempu di Malang

Pulau Sempu di Malang ini memiliki daya tarik utama nan memikat, yakni Laguna Segara Anakan, sebuah pantai di dalam pulau dengan hamparan pasir putih dan memiliki luas 4 ha. Air di laguna ini adalah air laut yang dipisahkan oleh bebatuan karang.

Baca juga: Wisata Pulau Sempu di Malang Yang Memikat Hati

Pulau Sempu

Salah satu objek wisata di Jawa Timur ini sesungguhnya adalah kawasan konservasi, bukan sebuah destinasi wisata. Inilah sebab mengapa Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari instansi yang berwenang untuk dapat tiba di Pulau Sempu ini. Melakukan trekking penjelajahan di kawasan Pulau Sempu adalah sebuah hal yang sangat menyenangkan, selain itu Anda dapat berkemah di sana dengan suguhan suasana private nan intim di tengah-tengah alam.

8. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Malang

Inilah kawasan gunung berapi terbesar di Jawa Timur, mencakup area seluas 800 km persegi. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah kawasan konversi, memiliki keunikan berupa lautan pasir seluas 5.250 hektar, berada pada ketinggian ± 2.100 meter dari permukaan laut.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Banyak hal memikat yang dapat Anda peroleh dari kawasan tempat wisata di Jawa Timur yang terkenal ini. Di antaranya, pergi ke Cemorolawang untuk melihat dari kejauhan hamparan lautan pasir dan kawah Bromo serta tempat berkemah. Atau, mengarungi laut pasir Tengger dengan berkuda, bisa juga menyewa jeep untuk menjelajahi lautan pasir.

Di Pananjakan, Anda akan disuguhi panorama alam gunung Bromo, gunung Batok, dan gunung Semeru yang sungguh memikat hati, di Pananjakan ini pula panorama sunset dan sunrise paling memikat dapat Anda temui.

Jika suka, Anda dapat pergi menjumpai danau-danau yang sangat dingin dan selalu berkabut, danau ini sering digunakan sebagai tempat transit pendaki Gunung Semeru. Selain itu, masih ada Ranu Darungan, sebuah tempat berkemah serta kegiatan pengamatan satwa/tumbuhan dan panorama alam yang menawan.

9. Arung Jeram Pekalen di Probolinggo

Sungai Pekalen terletak di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Inilah tempat di mana Anda dapat menjajal adrenalin dan mentang arus deras sungai Pekalen. Terletak sekitar 25 km dari kota Probolinggo, Arung Jeram Pekalen adalah sebuah objek wisata di Probolinggo yang populer, menyuguhkan Anda tantangan yang berpadu dengan keindahan alam yang menawan.

Arung Jeram Pekalen

Di sepanjang perjalanan mengarungi sungai ini, Anda akan menyaksikan keindahan 7 air terjun dan goa-goa kelelawar yang sesekali memekik beterbangan. Bebatuan sungai yang yang alami serta airnya yang jernih terasa sungguh menyegarkan tatkala menyiram tubuh. Beberapa operator arung jeram di Pekalen menawarkan paket arung jeram keluarga, dimana anda dapat membawa serta Anak Anda walau masih berumur 6 tahun.

10. Air Terjun Madakaripura di Probolinggo

Masyarakat lokal meyakini Air Terjun Madakaripura sebagai tempat meditasi terakhir Mahapatih Gadjah Mada dari Kerajaan Majapahit. Konon, sumber kekuatan sang patih yang luar biasa berasal dari dalam gua di dekat Air Terjun Madakaripura. Di sanalah Gadjah Mada sering datang untuk bermeditasi.

Baca juga: Air Terjun Madakaripura, Meditasi Terakhir Sang Legenda di Jawa Timur

Air Terjun Madakaripura

Air terjun yang menjulang tinggi ini dijuluki air terjun abadi karena tidak pernah berhenti mencurahkan tirai air halus serupa curahan hujan bagi orang-orang yang dapat melintas di bawahnya.

Air Terjun Madakaripura terkesan mistis, namun akan memberi suguhan yang memukau bagi siapa saja yang melihatnya. Masuklah ke dalam “ruang” berketinggian 200 meter tersebut, saksikan pesona sinar matahari yang menyorot lumut hijau basah di dinding berbatu disertai suara gemuruh air.

Loading...

Review: Tempat Wisata di Jawa Timur

0
Pesona Wisata
0
Akses Akomodasi
0
Akses Transportasi
Pembaca >> 0 votes 0
Ulasan Wisatawan 0

Pengalaman langsung Anda sangat membantu wisatawan lainnya.

Tulis ulasan

25 Komentar

  • @addiy…sejak kapan bromo ada pintu masuk mencakup wilayah malang rek…
    Pintu masuk bromo bisa lewat 4 akses
    Nongko jajar dari purwosari, tongas pintu utama, penanjakan via tosari, yg terakhir ranu pane via lumajang

  • Mulai kapan bromo jadi punya malang, apa ad akses jalan yang bagus dari malang. Malah yang ad akses bromo dari pasuruan sama probolinggo. Parah nih yang bikin

    • kurang pergaulan ente mas, bisa lewat Tumpang – Malang. Kebanyakan pendaki dari jakarta lewat akses malang karena gampang aksesnya turun dari stasiun kota baru malang lanjut ke kecamatan tumpang – Malang

  • Jelajahi Alam Banyuwangi :
    1. Gunung Ijen (Pesona BlueFire)
    2. Sukamade (Penangkaran Penyu)
    3. Teluk Hijau (Wouw……)
    4. Pulau Merah / Red Island | Cocok buat PeSelancar Pemula
    5. Pantai Plengkung (G-Land | Yang Ini Gila Selancar disini Tempatnya/Profesional)
    6. Sadengan (TN.AlasPurwo | Nikmati Banteng Jawa dan Aneka Binatang… )
    7. Pantai Ngagelan (TN.AlasPurwo)
    8. Bedul (Segoro Anakan | Wisata Manggrove, Nikmati Aneka Macam Burung….
    9. Boom Beach (Kota | Pelabuhan Kapal Marina, Pentas Budaya Banyuwangi, Penangkaran Penyu..)
    10. Pantai Watudodol (Cocok buat RestArea bagi pemakai jalan jalur pantura Jawa-Bali, dengan panorama Selat Bali, Pagi hari tuk nikmati sunrise of java)
    11. Pulau Tabuhan (Snockling, Diving,
    dan masih banyak lagi….wisata alam di banyuwangi

    Jelajahi Festival Banyuwangi Sepanjang Tahun:
    01. International Tour de Ijen Banyuwangi
    02. Jazz Ijen Banyuwangi (Kaki Gunung Ijen)
    03. International Surfing Competition Banyuwangi (Red Island)
    04. International Kite and Surfing (Tabuhan Island)
    05. Banyuwangi Ethno Carnival
    06. Festival Gandrung Sewu
    07. Banyuwangi Beach Jazz Festival
    08. Banyuwangi International Run
    09. Banyuwangi City Tour & Race
    dan masih banyak…banyak dan banyak lagi festival di banyuwangi

    semoga bermanfaat…. 😉

  • Maaf,bromo itu termasuk daerah probolinggo,dan bromo tengger semeru bkan punya malang atau pasuruan,tetapi malang,lumajang,pasuruan,dan probolinggo .,kok gk d masukin sih ranu kumbolo,goa tetes,gunung semeru,dan tumpak sewu di lumajang?

    • Bromo iku mencakup 3 wiLayah pintu masuk, proboLinggo di tongas, pasuruan di wonokitri, dan maLang

      • Klo yg dari Malang mungkin maksudnya untuk wilayah keseluruhan wisata Tengger tepatnya untuk akses ke Semeru via desa Tumpangsari memang bisa tembus ke Ranupane namun untuk Ranupane sendiri sdh bukan wilayah Malang

  • kenapa goa maharani dan waduk gondang lamongan. pasir putih dlegan gresik kok ngak masuk populer wisata jatim

  • Banyak yang belum tertulis..papuma jember, pantai payangan jember, teluk ijo banyuwanggi, semeru, ranu kumbolo, masih bnyak jawa timur punya..

  • Aku pernah ke air terjun madakaripura perlu jalan kurang lebih 1 km, mantappp

  • Maaf, Bromo itu Pasuruan… ralat ya… bukan malang.
    memang Bromo Tengger itu milik 3 kabupaten tapi wilayah yang paling luas milik Kabupaten Pasuruan.